Ketika Cinta (ku) Bertasbih

Dulu saya mengira kisah Anna Althafunnisa hanyalah sebuah cerita. Namun ternyata kisah itu juga bisa terjadi di dunia nyata. Tapi seperti yang selalu saya yakini bahwa tak ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan di muka bumi ini. Bahkan sehelai daun yang jatuh pun telah Allah tetapkan ketentuannya. Demikian pula kisah perjalanan hidup manusia. Kadang, kenyataannya malah lebih tragis dari sebuah kisah di buku cerita. Namun Allah tetapkan begitu bukan tanpa makna. Selalu ada hikmah yang Allah selipkan didalamnya.  Hikmah yang dibungkus lewat ujian keimanan. Ujian yang Allah berikan untuk menaikkan derajat seorang insan sebagai hamba-hamba pilihan.

Dan Allah paling tahu, bahwa hamba-hamba yang dipilih-Nya untuk menjalani ujian itu pasti mampu. Tak akan Allah berikan ujian melebihi batas kemampuan. Yang diuji dengan ujian hidup yang berat berarti Allah tahu hamba-Nya itu kuat.

Maka saat sedang diuji berhentilah bertanya : “Why me?”. Apalagi jika Allah dengan ketetapan-Nya sudah berkata: “Why not?”. Jalani saja, terima dengan ikhlas segala ketentuan-Nya. Sebab kadang sesuatu yang baik di mata manusia belum tentu baik dimata Allah, demikian pula sesuatu yang dimata manusia dianggap buruk bisa jadi itulah ketentuan terbaik menurut Allah.

Dari perjalanan hidup, dan dari kisah Anna Althafunnisa, saya belajar bahwa Jodoh tak akan tertukar. Sesuatu yang bukan jodohnya akan Allah pisahkan dengan jalan-Nya. Kemudian akan Allah pertemukan dengan jodoh sejatinya. Sesuai janji Allah; yang baik untuk yang baik pula, demikian sebaliknya.

Maka inilah do’aku untukmu yang namanya telah tertulis di Lauhul Mahfuzh itu:

Semoga Allah senantiasa menjagamu, sebagaimana Allah  menjagakan aku untukmu. Semoga kita dimampukan untuk istiqomah menjaga kesucian cinta karena Allah, sebagaimana cintanya Ali kepada Fathimah, atau cintanya Rasulullah kepada Khadijah.

Sebab yang terjaga, hanya untuk yang benar-benar menjaga. Keep istiqomah!

Your Anna Althafunnisa,
Rizki Pratiwi Abdullah.

Advertisements

One thought on “Ketika Cinta (ku) Bertasbih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s